Saturday, September 29, 2007

Tugas KonTek: Problem Solving Approach

Bagaimana caranya agar seorang engineering dapat memecahkan masalah?? Ternyata dalam memecahkan masalah itu harus melalui tahap-tahap. Apa aja si tahap-tahap tersebut?

1. Problem Identification
Tahap ini adalah saat dimana seorang Engineer menentukan masalah apa sih yang akan diselesaikan. Pertama-tama harus dilihat dulu apa sih permasalahan yang perlu untuk diselesaikan sekarang ini. Biasanya kalo di dunia nyata permasalahn ini ditentukan oleh manager.
Misalnya : Bagaimana caranya untuk dapat membuat sebuah lemari yang disukai oleh masyarakat serta dapat menampung banyak barang??

2. Synthesis
Pada tahap ini, seorang engineer mencetuskan idenya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
Misalnya saja: untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka seorang engineering memutuskan bahwa lemari tersebut harus memiliki model yang bagus dengan desain dan disusun bertingkat agar dapat memuat banyak barang..


3. Analysis
Nah, ini adalah tahapan yang penting banget.. Dalam tahap ini, seorang engineering harus dapat mencetuskan idenya kedalam perhitungan matematis..
Misalnya ia harus dapat memperhitungkan bagaimana desain yang bagus untuk dapat memperoleh lemari yang diiginkan tersebut. Ukuran-ukuran dari lemari harus diperhitungkan sedemikian rupa melalui perhitungan-perhitungan.

4. Application
Di dalam tahap aplikasi, informasi yang didapatkan dipilah-pilah mana yang paling baik untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Misalnya setelah melalui berbagai perhitungan ternyata diperoleh bahwa harus dibuat lemari dengan tinggi 2m, tebal 2 cm dengan banyak kotak 5 buah.

5. Comprehension
Pada tahap terakhir ini, berbagai teori dan info digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada.
Misalnya setelah melalui perhitungan dapat diturunkan suatu rumus untuk menghitung banyaknya kayu yang dibutuhkan untuk membuat suatu lemari sehingga dari informasi-informasi yang diperoleh seperti tinggi dan lebar lemari dapat diwujudkan ke wujud nyata.

Jadi selesailah suatu masalah...

No comments: